24 Mei 2012

FOKUS

Sebelumnya kita buat kesepekatan dulu yah kalau yang dinamakan fokus adalah konsentrasi pada hal yang ada di hadapan kita. Setuju? Insya Allah setuju yah. Lalu bagaimana kalau yang ada di hadapan kita tidak hanya satu hal, tetapi lebih dari satu, dua, atau bahkan banyak? Apakah kita masih bisa fokus dan tetap bisa fokus pada semua hal itu? 

Belakangan ini, hal itulah yang kembali menjejali pikiran saya. Banyak hal yang begitu ingin saya lakukan. Alasannya mungkin sederhana, mumpung usia belum merangkak mendekati usia senja. Kalau kata Doraemon,”Aku ingin begini, aku ingin begitu. Ingin ini ingin itu banyak sekali.” Yah namanya juga manusia, pasti banyak maunya. Tapi rasanya sah-sah saja jika yang diinginkan itu masih dalam tahap yang wajar dan positif. Bukankah keinginan yang kuat itu adalah motivator terbesar bagi seseorang dalam meraih apa yang ia impikan?

Untuk saya pribadi, saya ingin sekali menjadi seorang penulis. Baik menulis fiksi maupun non fiksi. Intinya jadi seseorang yang karya-karyanya bisa dibaca banyak orang dan yang terpenting, bermanfaat. Sejak selesai sidang di kampus dan dinyatakan lulus beberapa waktu lalu, saya ingin lebih fokus di dunia menulis ini. Saya mulai menuangkan ide-ide tulisan yang sebelumnya hanya sibuk menjejali otak saya. Alhamdulillah sudah lahir beberapa cerpen dan novel mini yang belum lama ini saya ikut sertakan pada beberapa lomba dan kontes. Masalah hasil jelas saya prioritaskan. Mengapa? Karena jika hasilnya memuaskan (menang) itu artinya karya saya bisa diterima oleh khalayak ramai (meskipun mungkin tidak 100 %). Tapi yang menjadi orientasi saya adalah usaha dan kerja keras. Karena meskipun hasilnya belum sesuai dengan keinginan, paling tidak Allah masih melihat usaha dan jerih payah saya itu. Alhamdulillah sampai saat ini saya masih tetap fokus untuk hal itu, salah satu caranya dengan masuk sebuah forum kepenulisan baik offline maupun online, juga dengan cara banyak membaca contoh-contoh tulisan dari beberapa penulis. 

Tapi sayangnya, - entah ini baik atau tidak untuk kemajuan saya - melihat banyaknya peluang usaha di sekitar saya, ingin juga rasanya saya menjadi seorang wirausaha. Dulu sempat mencoba berjualan singkong keju di sekolah adik sepupu, tapi nihil. Hal itu hanya berlangsung satu hari. Waktu masih kuliah pun saya sempat memasarkan beberapa sandal jualan ibu saya pada teman-teman, tapi hasilnya masih sama. Melempem. Hanya berlangsung beberapa hari. Tapi saya tidak putus asa. 

Di satu kesempatan saya coba memasarkan bros-bros cantik pada teman-teman kuliah, tapi ya.....hasilnya sama saja. Hanya beberapa waktu saja benderangnya, setelah itu redup kembali. Beberapa waktu lalu pernah juga mencoba berjualan gorengan kecil-kecilan di sekolah adik sepupu juga. Istilahnya masih terus ingin mencoba mencari peruntungan di bidang ini. Dengan perjuangan yang tidak mudah, hal itu pun akhirnya hanya berlangsung satu hari juga. Dan setelah dipikir-pikir lagi, mungkin hal ini tidak berjalan lama karena saya kurang fokus pada kegiatan ini. Salah satu kendalanya mungkin juga karena saya kurang punya waktu luang untuk mengerjakan hal ini (karena saya juga masih harus fokus pada kerjaan di kantor dan juga mengajar sebagai pekerjaan sampingan saya), hingga pada akhirnya saya tidak jadi menggelutinya.

Dan........akhir-akhir ini saya mulai tertarik dengan bisnis pernak pernik dari flanel/felt. Sudah cari tutorialnya sana sini, tapi masih belum tahu kapan akan memulainya. Baru hanya tertarik saja. Masih pikir-pikir dan mempertimbangkan banyak hal. Apakah kali ini saya bisa fokus pada apa yang ingin saya jalankan, atau malah bernasib sama seperti usaha-usaha saya sebelumnya? Entahlah. Yang pasti saya tidak akan meninggalkan dunia tulis menulis. Meski impian menjadi seorang penulis belum terwujud, tapi harus tetap menulis. Sebab menulis, adalah berjuang :) 

Intinya fokus! Titik.

15 komentar:

Si Belo mengatakan...

semoga karya2 bunda diterima dan cepet terbit *aamiin berjama'ah* :)

tetep semangat dan fokus ya bun, jangan menyerah.. jangan menyerah :D

info lomba kontes terbaru mengatakan...

Semangan dan terus berkarya

Informasikan info lomba dan kontes atau give way Anda di http://info-lomba-kontes-terbaru.blogspot.com

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

saran saya sih, kamu tetap bekerja kantoran dan nulis kalo pas ada waktu luang. utk usaha, lihat2 dulu aja. sampai ketemu yg pas banget. bila perlu cari teman buat kerjasama kalo mau usaha. soalnya kan butuh modal juga

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

tetaplah bekerja, sambil menulis kalo senggang...utk buka usaha coba lihat2 dulu.

Haya Nufus mengatakan...

Itu tandanya kamu masih mencari-cari usaha yang cocok dan pas ya Sarah? tapi merintis usaha memang tak bisa instan harus fokus dan serius jika sudah berhasil baru bisa liat peluang lain yg lebih besarhe..he.. aku teori doang :D

Untuk menulis :"Pasti bisa!" tapi butuh keseriusan juga ya... Apapun maumu semoga tercapai ya Sarah :)

penuliscemen mengatakan...

ayo mbak nulis Mbak. sambilan bisa, yakin deh.

Rizki Pradana mengatakan...

setalah aku baca2, postingan2nya sangat bagus, menarik dan bermanfaat,,terus menulis,,karena dengan menulis kita bisa mengembangkan imajinasi kita dan menjadikan kita lebih kretaif..serta kadang bisa menghibur orang lain.. ^_^

oia salam kenal
kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
folloback juga ya buat nambah temen sesama blogger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

Della mengatakan...

Jangan ngomongin umur, ah. Aku udah setua ini aja masih baru belajar masak, huahahahahahaha..
Daripada kain felt, coba jahit baju aja sekalian, Sar. Kain felt itu ribet, cape ngerjainnya, udah gitu kalau mau balik modal ya harga jualnya harus mahal, ud gitu nggak bisa produksi mahal dengan cepat kalau mendadak dapat orderan gede (been there done that soalnya, hihihihi..)
Selagi hidup, banyak-banyaklah belajar ;) *nasihat orang tua nih..*

Andy mengatakan...

pilihan anda tergantung dari seberapa besar anda untuk masa depan anda :)
tapi pada intinya, jangan pernah sekali2 menyesali keputusan yang sudah kita buat,karena itulah kita bisa ada diposisi ini sekarang & nanti

muhamadromdoni mengatakan...

Tak bisa Fokus :(

Orin mengatakan...

semangat Saraaahh...aku jg pgn bgt jd penulis, yuks kita mencoba fokus ;)

affanibnu mengatakan...

Sebab menulis, adalah berjuang :)

menjadi penutup yang indah!

epoolz mengatakan...

artikel yang sangat berbobot juga nih,,, mantap teman blognya keren,,,

epoolz mengatakan...

artikel yang sangat bagus teman,,, di tunggu kunjungan baliknya ,,

Harun Ar mengatakan...

Niat yang baik moga berhasil dengan baik pula... Sukses