4 April 2013

Belanja Online Yuk

Tahun lalu pada saat bulan Ramadhan, menjelang hari raya, ingin sekali rasanya saya mengabadikan moment berharga saat hari raya Idul Fitri menggunakan kamera digital. Maklum, sudah hampir seperempat abad gini tapi saat itu saya belum pernah punya kamera digital sendiri. Kalau tidak pinjam, ya paling pakai kamera ponsel yang ukuran gambarnya paling banter 2 MP. Saya sudah cari ke salah satu mall di Jakarta. Memang sih harganya sesuai dengan kantong saya saat itu, tapi entah kenapa ragu sekali untuk membelinya. Akhirnya, karena memang sudah dari jauh-jauh hari mencari-cari kamera yang bagus tapi murah (maklum keuangan saat itu sedang mepet), akhirnya saya memutuskan untuk mencari kamera melalui toko online.

Ada beberapa yang saya kunjungi situsnya, tapi lagi-lagi, saya kurang sreg. Entah karena apa. Mungkin juga karena saya belum pernah melakukan transaksi pembelian barang-barang elektronik melalui online shop, jadi masih ada keraguan sedikit. Tapi entah dari mana (saya lupa, karena sudah agak lama), tiba-tiba saya menemukan sebuah online shop yang iklannya tersebar di mana-mana. Kalau teman-teman mau menebak, silahkan. Dan jika jawabannya adalah Lazada.co.id, maka kalian benar.

Online shop terbesar inilah yang untuk pertama kalinya membuat saya jatuh hati. Selain karena barang-barang yang ditawarkannya banyak (artinya banyak pilihan), harganya pun juga terjangkau (karena banyak potongan harga). Mungkin juga bagi para pelanggan yang dana keuangannya minim namun naksir dengan barang-barang yang ada di sana, Lazada menyediakan pula layanan pembayaran dengan cara cicilan, tapi pasti syarat dan ketentuannya berlaku ya.

Nah, di sana saya cari-cari kamera digital yang sekiranya bisa memenuhi keinginan saya dalam hal fotografi, namun yang kualitasnya “aduhai” dengan harga yang terjangkau. Setelah cari-cari, akhirnya saya dapatkan juga kamera digital dengan merk Nikon Coolpix L26 dengan resolusi 16 MP, dan yang pasti dengan harga yang tidak sampai satu juta rupiah. Amazing!!

Saya langsung memutuskan untuk membelinya tanpa pikir panjang lagi. Selain karena kelebihan yang saya sebutkan di atas tadi, pelayanan yang diberikan Lazada pada para pelanggannya juga bisa dikatakan memuaskan. Setelah memesan via online, costumer service dari Lazada segera menghubungi pelanggan untuk mengonfirmasi barang yang sudah kita pesan tadi. Jika memang benar, maka barang tersebut akan segera disiapkan di warehouse mereka.

Kelebihan lain dari Lazada adalah dari segi pembayarannya. Kalau biasanya online shop pada umumnya hanya menerima pembayaran via transfer, dan barang akan dikirim setelah mereka menerima uangnya, kalau di Lazada tidak hanya itu. Di sana ada sistem pembayaran dengan cara COD (cash on delivery) atau bayar di tempat setelah barang datang. Pada saat itu saya memilih untuk COD karena saya tidak mau ambil resiko jika ternyata uang sudah ditransfer dan nyatanya barang tidak kunjung datang. (masalahnya ini adalah barang elektronik yang harganya tidak sedikit menurut saya), meskipun sebenarnya saya menyangsikan kalau Lazada akan seperti itu, karena mengingat nama Lazada yang sudah cukup terkenal di kalangan pengguna internet, terlebih lagi iklannya yang bertebaran di mana-mana, saya yakin Lazada tidak akan seperti itu, namun saya hanya bersikap untuk waspada saja. Mengambil jalan tengah.

Pengiriman barang dilakukan 2-3 hari kerja. Dan benar saja. Setelah uang pas sudah saya siapkan, beberapa hari setelah pemesanan, barang sudah sampai di tangan lengkap seperti apa yang ada di display. Saya cukup puas dengan belanja online saya kali itu.


Dan sejak saat itu, untuk selanjutnya Lazada merupakan rekomendasi teratas saat saya harus mencari kebutuhan-kebutuhan lain ketika saya enggan atau malas untuk keluar rumah. Bagaimana dengan teman-teman?? :)

5 komentar:

Said Ali mengatakan...

Masih ragu juga sihhh

Said Ali mengatakan...

semoga bisa di percaya.....

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

aku belum pernah bealanja disana

Aisyah Al-Hafidzah mengatakan...

Assalamualaikum kak Sarah.. Kunjungan perdana nih.. ^_^

Hmm.. pernah pengen sih belanja online,tapi agak ragu juga, kalau belanja dengan tatap wajah, Insya Allah nggak akan nyesel kan? lagipula bisa ditawar juga, he..

Santi Dewi mengatakan...

Saya pernah belanja online di Lazada, brgnya cepat dtg ya...