19 Maret 2012

"Angry Birds"

Begitu banyak permainan digital (digital game) yang kini marak digandrungi masyarakat. Salah satunya adalah “Angry Birds” yang belakangan ini menjadi salah satu icon yang menarik untuk dijadikan komoditi pasar. Karakter-karakter dalam permainan “Angry Birds” ini sudah banyak menghiasi pernak pernik sehari-hari seperti baju, tempat pensil, pulpen, sampai sandal. Angry Birds kini sudah memenuhi ruang pasar. Selain karena bentuk karakternya yang sangat unik, permainannya pun juga sangat menarik. Saya dan Rizky termasuk salah seorang yang menggandrungi permainan ini :D.

Setiap ada waktu luang, biasanya saya mencoba setiap level yang ada pada permainan Angry Birds ini, begitu juga dengan Rizky. Kami berdua sangat senang dengan karakter “Burung Bom” yang berwarna hitam.

Sejak menggandrunginya, saya sadari ternyata permainan ini banyak sekali memberikan saya pelajaran. Katakanlah, setiap kali memainkan permainan ini, saya dituntut untuk mengatur strategi dari setiap tantangan yang disuguhkan di setiap levelnya. Begitu juga dengan jumlah burung dan kemampuannya dalam menghancurkan kayu, besi, atau kaca yang melindungi musuh-musuhnya. Begitu juga dengan hidup ini.

Dalam setiap langkah dan pilihan hidup ini, kita pasti juga dituntut untuk mengatur strategi dengan cermat agar setiap kesempatan yang diberikan Allah tidak terbuang dengan sia-sia dan agar setiap tantangan yang kita hadapi bisa kita selesaikan dengan baik dan benar. Setiap tantangan di setiap level kehidupan kita pun juga tergantung dengan kadar kemampuan yang kita miliki.

Angry Birds secara tidak langsung telah mengajarkan saya agar tidak cepat putus asa dan pantang menyerah dalam menghadapi setiap ujian dan cobaan dalam setiap langkah dan pilihan hidup yang telah saya pilih dan Allah pilihkan. Bagi teman-teman yang juga keranjingan memainkan permainan ini, coba kalian amati dengan seksama, di setiap levelnya pasti permainan ini memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Begitu juga dengan setiap solusinya (macam-macam burungnya), pasti juga disesuaikan dengan setiap tantangan yang disuguhkan. Demikian pula dengan hidup.

Mustahil kalau kita tidak memiliki masalah atau ujian dalam hidup ini. Pasti tingkat kesulitan cobaan hidup pun juga berbeda-beda di setiap fasenya. Dan Allah pun pasti sudah tahu lebih dulu seberapa kita mampu dan sanggup untuk menyelesaikan masalah itu. Jangan pernah lupa juga bahwa di setiap cobaan yang kita hadapi, Allah pasti juga memberikan satu paket dengan solusi sesuai dengan kadar kemampuan kita.

Dalam menghadapi persoalan hidup pun, kita harus pandai-pandai mencari celah dan peluang, agar setiap langkah yang kita pijakkan tidak bernilai sia-sia. Harus selalu ada hasil yang dicapai agar hari ini bisa lebih baik dari hari kemarin.

Namun ada satu perbedaan Angry Birds dengan kehidupan ini yang akhirnya saya sadari kembali, bahwa jika di permainan Angry Birds kita bisa mengulangi permainan jika kita mengalami kegagalan di masa sebelumnya, di permainan kehidupan nyata kita hanya bisa memperbaiki setiap kegagalan yang kita alami dan menjadikan kegagalan di masa lalu sebagai pelajaran berharga yang tidak boleh kita ulangi di masa depan. Juga sebagai pengalaman hidup bahwa setiap liku kehidupan ini pasti bisa kita atasi asalkan kita bisa mempelajari setiap medannya, siapkan strategi untuk menghadapinya, pergunakan kesempatan dengan sebaik-baiknya, cari peluang agar setiap langkah tidak bernilai sia-sia, agar apa yang kita lakukan bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan bisa “naik” ke level berikutnya untuk menyelesaikan tantangan selanjutnya :)

21 komentar:

Rahmat Rusdianto mengatakan...

menariknya... ternyata game pun bisa diambil hikmahnya sama mbak Sarah ini, hehehe

kunjungan balik ya dari http://review-newgadget.blogspot.com/ :)

Cerita Tentang Dunia mengatakan...

Angry bird memang lagi booming :D
btw mantep mbak ulasannya

Elsa mengatakan...

kalo dah main ini, aku gak bisa berhenti. Hehehehee....

Baby Dija mengatakan...

Dija juga suka angy bird Tante...
tapi Dija belom bisa...
burung burungnya malah mental ke belakang, bukan ke depan

Naya Elbetawi mengatakan...

Waah...wah... Nay belum tau ada game ini :D #ndeso...hihii

pesen nye jempol dah :)

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

dalam permainan ini juga kita harus bisa mengatur strategi ya.nah aku malas kalau main game hihihi tapi pascal suka

Tebak Ini Siapa mengatakan...

Ahahaha burung paling oke emang yang item :D

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

Hpku gak mendukung permainan angry birds :p

obat kelenjar getah bening mengatakan...

saya ambil pesan mbak dari postingannya,,, bahwa Allah sudah memberikan jalan di setiap ujian yang kita hadapi,,,

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

lagi trend kayaknya nih angry bird

Sarah mengatakan...

@Baby Dija : Kakak Rizky juga gitu, burungnya malah mental ke belakang, bukan ke depan. Tapi setelah belajar otodidak, akhirnya bisa sendiri :D *bundagalau (hehehe bukannya diajarin ngaji malah angry birds :D)

Della mengatakan...

Aku juga maennya bareng Nadya, malah jagoan dia, hihihi..
Trus tiap kali melontar batu, aku teriak, "Allahu akbar," soalnya musuhnya kan babi, hihihi..
Parrahh.. bener-bener ibu yang aneh.. -____-"

BlogS of Hariyanto mengatakan...

"di permainan kehidupan nyata kita hanya bisa memperbaiki setiap kegagalan yang kita alami dan menjadikan kegagalan di masa lalu sebagai pelajaran berharga yang tidak boleh kita ulangi di masa depan"...sungguh sebuah wejangan yang sangat berharga mengingatkan diri untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin..karena kemarin adalah sejarah..hari esok adalah harapan..dan hari ini adalah anugrah-NYA..maka manfaatkanlah hari-mu sebaik mungkin untuk menuju harapan hari esok yang lebih baik di dunia dan di akhirat :)

Ichsan Afriadi mengatakan...

Setuju mba, terus berusaha dan mengatur strategi untuk hari-hari esok, dan jangan lupa bertawakal :)
Hebat, bisa mengambil pelajaran dari sebuah game!

kulit manggis mengatakan...

semangat ya mba,,, saya mendukung , salam kenal ya..

jus kulit manggis mengatakan...

angry birds nya emang lucu dimainin sama adenya yang lebih lucu.. hehe

agen xamthone plus surabaya mengatakan...

ok sip ..aya pun masih suka nge game ..hehhe : D

seru ..

Princess Syachura mengatakan...

kalau aku udah pake kacamata tante..jadi gak berani main game lagi...:P

Princess Syachura mengatakan...

karena aku udah pake kacamata jadi gak berani main game lagi tante... cuma kenal dong ama angrybirdnya...:P

Princess Syachura mengatakan...

karena aku udah pake kacamata jadi aku gak berani main game lagi tante...
salam kenal ya...

Princess Syachura mengatakan...

karena saya udah pake kacamata jadi saya gak berani main game lagi tante...
salam kenal ya..:P