23 Agustus 2011

Nggak Ada Alasan Untuk Nggak Bahagia

Sebagai seorang pekerja yang sering berhadapan langsung dengan para pelanggan (kantor saya bergerak dalam bidang sosial dan usaha), acap kali saya menemukan beberapa pelanggan yang sikapnya terkadang kurang mengenakan hati. Dari yang bersikap acuh terhadap tagihan-tagihan yang sudah menggunung, bahkan yang bersikap ketus pada saya saat hendak menagih tunggakan-tunggakannya.

Kejadian-kejadian seperti itu sudah sering saya alami. Terkadang saya malas juga untuk meladeni para pelanggan yang seperti itu, namun saya kembali tersadar bahwa bukankah ”pelanggan adalah raja”? Ya, mereka adalah raja dalam sebuah pengibaratan. Tapi mereka raja bagi kantor saya, dan bukan bagi saya.

Untuk saya pribadi, mereka tetap saja manusia biasa. Yang bisa saja khilaf setiap saat, atau karena memang sudah sifatnya yang seperti itu. Kalau mau disikapi secara serius, jujur sebenarnya saya orang yang sensitif, apalagi jika saya diperlakukan seperti itu, maka saya tidak segan-segan untuk mengutipkan namanya dalam kehidupan saya.

Namun karena mereka adalah para pelanggan dari tempat saya bekerja, maka mau tidak mau saya harus bersikap profesional dan menanggapi semua kejadian itu dengan cara yang bijak. Jika misalnya mereka ketus pada saya, terkadang dalam hati saya selalu menganggap hal itu adalah sebuah milestone yang nggak seberapa, toh setelah itu maka hal itu pun akan menjadi masa lalu pada akhirnya, jadi buat apa dipikirkan sampai sedemikian kerasnya, cuma bikin susah hati.

Jadi sebenernya, kebahagiaan yang kita dapat bukan hanya berasal dari orang-orang yang memberikan kebahagiaan untuk kita, tapi juga bersumber dari seberapa mampu kita bisa berpikir positif agar kita merasa bahwa kebahagiaan itu memang pantas kita rasakan.

gambar diambil dari oom google

13 komentar:

anazkia mengatakan...

Jadi mari kita tersenyum bersama2 :)

Btw, kalau penggantian blogspot ke dot com mah kudu bayar hehehe... Itu kemarin temen yang ngurusin, saya tinggal masang aja :)

Salam ukhuwah yah...

dey mengatakan...

iya mbak, kebahagiaan itu kita yang menciptakan kok ..

k[A]z mengatakan...

apalagi itu kepada konsumen ya teh ^^

catatan kecilku mengatakan...

Wah, tema postingan kita 'senada' ya? tentang kebahagiaan hidup... hehehe

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

yah, harus sabar ya. gak beda jauh dg pekerjaan pemberi jasa hukum. harus sabar banget ngadepin klien yg macam2 wataknya

Nia mengatakan...

klo saya kadang suka kepancing emosinya klo ketemu orang2 seperti itu...harus banyak2 bersabar lahh intinya heheh....

nurlailazahra mengatakan...

@anazkia : iya saya tau, kirain bisa langsung ngerubah blogspot.com jd domain pribadi :D

@dey : betul mbak, kebahagiaan hrs diciptakan, bukan dicari

@k[A]z : iya, kalo gak sabar2 ntar gak dpt THR :D

@catatan kecilku : iya mbak, serupa tapi tak sama, hehe

@Sang Cerpenis bercerita : iya mbak, kalo gak gitu ntar malah kena sanksi hukum ya? :D

@Nia : pantesan buka OS ya mbak, soalnya klo kesel gak ketauan konsumen hehehe

.:diah:. mengatakan...

iyaah klo kerja yang berhubungan dengan costumer gitu emang kadang ngebetein, apalagi klo dapat yang bawel, hihih

tapi klo kita bisa menciptakan kebahagian apa pun situasinya pasti akan bisa membuat kita bahagia slalu :)

Dhe mengatakan...

betul banget, di saat qt menciptakan bahagia itu jika qt berpikir positif spt Rasulullah SAW. krn stiap orang berhak bahagia,

yang penting trus sabar yah mba^^

Ikbal Rizki mengatakan...

ya.. betul banget tu...

tapi tambahan dari saya. Jangan Menunggu Bahagia Baru Bersyukur, tapi Bersyukurlah, maka kita akan tambah bahagia"

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

kalo saya bilang gini : gak ada alasan untuk gak membaca. hehee..

Nadia Meutuah mengatakan...

waaaaah, harus banyak sabar ya mba nur kalo kerjanya berhubungan langsung dengan pelanggan, belum yang resek dan bikin emosi, tapi TOP deh kalo bisa melihat dari segi positifnya, intinya seburuk apapun yang kita terima dari orang lain, akan tetap bahagia jika kita sudah menanamkan rasa bahagia itu dari diri sendiri..

Haji Jatmiko mengatakan...

Salam super ... Hehehe ( Mario Banget ) Tulisan dalam artikel ini sangat menarik buat saya baca, sering kali saya membaca hal - hal berkaitan dengan hal yang baru dan semoga hal ini menambah wawasan saya dalam kesenangan membaca artikel
yang baik.kedepannya semoga bisa lebih baik dan lebih fress kontennya, agar si paman Google yang Baik hatinya itu mau memberikan penghargaan berupa PARERANK dan BACKLINK yang Banyak berikut
Alexa-nya hehehe.