4 Maret 2014

Tentang Masalah

Setiap manusia yang bernyawa, pasti sudah tentu pernah mengalami permasalahan dalam hidup. Entah yang porsinya sangat berat, atau bahkan ringan-ringan saja. Sebesar apapun masalah yang kita hadapi, masalah tetap saja masalah yang harus kita selesaikan agar hidup kita menjadi jauh lebih tenang. Manusia hidup tidak ada yang tahu kapan masalah itu akan datang. Saat satu masalah menghadang, bukan berarti masalah yang lain akan menunggu sampai masalah satu selesai, baru datang yang berikutnya. Masalah datang tidak mengenal waktu dan tempat. Maka dari itu sebagai manusia yang berakal, sudah seharusnya kita diwajibkan untuk menyelesaikan masalah itu dengan cepat dan tepat, sehingga ketika masalah lain datang, kita tidak kelimpungan menyelesaikannya secara bersamaan. 


Cara menghadapi masalah adalah dengan hati yang tenang. Meski tidak dipungkuri bahwa terkadang ketenangan itu tidak dapat kita ciptakan karena masalah yang kita hadapi terlalu berat sehingga membuat kita cemas, tak enak makan dan tidur. Namun sekali lagi, secemas apapun kita dalam menghadapi masalah hidup, rasa tenang dan yakin adalah pilihan paling baik untuk menyikapinya. Karena biasanya dengan pikiran yang jernih dan hati yang tenang, kita bisa menyelesaikan masalah dengan baik. 

Memang terkadang proses untuk menyelesaikan masalah itu berbeda-beda dan bisa dibilang tidak mudah, namun dengan keyakinan pasti semuanya akan terasa mudah. Toh hal itu bisa menjadi pengalaman untuk kita nantinya. Dengan masalah, hidup akan terasa Semakin dinamis. Solusinya adalah yakin dan tenang, hadapi setiap tahap proses penyelesaiannya, jangan lari dari masalah karena itu hanya akan menimbulkan masalah baru yang semakin banyak, dan selesaikan sesegera mungkin karena waktu tak akan mau menunggu untuk mempersilahkan masalah lain untuk menghampiri. 

Jaga diri baik-baik, agar di kemudian hari kita tidak menjadi penyebab masalah.

3 komentar:

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

tenang dalam menghadapi maslaah, bisa sih tapi kadang didalam aku gak karuan :)

Idah Ceris mengatakan...

Yg penting yakin dulu bisa memecahkan masalah tersebut ya.
Toh, kita punya Tuhan yg selalu ada untuk kita. Ujian dariNya pasti sudah sesuai porsi. :)

Haya Nufus mengatakan...

Setuju mbak Sarah... setiap masalah itu harus diselesaikan dengan tenang.