6 Agustus 2014

Keajaiban Bersedekah

Teman-teman yang budiman, seberapa jauh pemahaman kita tentang pentingnya bersedekah? Sudahkah kalian merasakan betapa besar dan nikmatnya keajaiban bersedekah? Saya yakin kita semua sudah pernah merasakannya. Entah bersedekah dengan nominal yang kecil, atau bahkan besar sekalipun. Sesungguhnya nominal sedekah tidak menjadi ukuran seberapa besar pahala yang kita dapat dari Allah, karena sedekah yang bernilai di hadapanNya adalah yang diberikan dengan hati yang tulus dan ikhlas. Juga disertai dengan niat yang suci Lillahita ala bahwa bersedekah hanya karena Allah, dan bukan karena balasan pahala dariNya ataupun ganjaran rejeki yang berlipat ganda setelah kita bersedekah.

Memang tidak mudah untuk meluruskan niat kita karena Allah, meski sebenarnya mengharap ganjaran yang lebih dariNya juga tidak melulu salah, namun alangkah lebih baiknya jika kita dapat menjaga keikhlasan kita dalam bersedekah. Karena itu adalah hal utama dalam esensi bersedekah.

Mungkin kita pernah mendengar bahwa jika ingin kaya, maka bersedekahlah. Karena dengan bersedekah akan membuat banyak pintu rejeki kita semakin terbuka, asalkan satu syaratnya terpenuhi, yaitu ikhlas lillahi ta'ala. Kalaupun kita tidak ikhlas karena Allah, dan hanya karena kita ingin mendapat rejeki yang berlipat dariNya, bisa saja Allah mengabulkan apa yang menjadi harapan kita dalam bersedekah tersebut, namun tetap saja sedekahnya tidak bernilai ibadah di sisiNya dan tidak mengundang keberkahan di dalamnya. Untuk itulah mengapa sangat dianjurkan sekali untuk kita bersedekah disertai dengan niat yang tidak menyimpang dari tujuan awal, yaitu mengharap keridhoanNya.

Keajaiban sedekah itu memang bukan omong kosong belaka, bahkan saya sendiri pernah merasakannya. Dan Allah bukanlah Dzat yang ingkar janji, saat saya dapati rejeki nomplok datang menghampiri saya tiga puluh kali lipat dari uang yang sebelumnya saya sedekahkan dengan niat ingin membantu seseorang. Bahkan saya juga pernah dalam satu hari mendapat rejeki dua kali lipat dari uang yang saya sedekahkan di hari yang sama. Alhamdulillah. Maaf, bukan saya bermaksud untuk riya, tapi saya ingin menunjukkan bahwa Allah memang tak pernah ingkar terhadap semua janjiNya. Bahwa Ia akan memberikan setiap kebutuhan hambaNya, jika hambaNya mau menjaga keikhlasan dalam hatinya demi mengharap keridhoan dari Rabbnya....

Tidak ada komentar: